Jumat, 03 Oktober 2014

Contoh Resensi 6

Resensi

 
1.      Judul Buku           : Kukila
2.      Pengarang             : M. Aan Mansyur
3.      Penerbit                : Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama
4.      Tahun Terbit         : September 2012
5.      Tebal Buku           : 128 halaman





Rahasia Pohon Rahasia
Sebuah kumpulan cerita (kumcer), Kukila adalah cerpen utama yang diangkat oleh sang penulis. Kukila adalah seorang istri yang membenci bulan September dan pohon mangga. September dan pohon mangga adalah saksi bisu dari kenangan hidupnya dan rasa bersalahnya. Hidupnya didera rasa bersalah yang teramat besar, kepada mantan suaminya, mantan kekasihnya, dan kepada anak – anaknya. Kukila hanya dapat mengungkapkannya pada sebuah surat yang ia tulis kepada anak sulungnya yang sudah tidak lagi seatap dengannya. Anaknya sekarang di Mabela. Kepada suratlah dia berbicara dan kepada pohon-pohonlah dia menyimpan masa lalu, kenangannya.
Dalam kumcer ini juga masih terdapat lima belas cerita pendek lainnya. Seperti “Setia adalah Pekerjaan yang Baik”. Seorang anak yang menceritakan tentang kisah cinta ibunya kepada seorang temanya melalui jejaring sosial twitter. Ibunya yang menikah setelah baru saja menyelesaikan pendidikan dijenjang SMP. Pada mulanya ia mencintai seorang pria dari gunung. Anak seorang pembuat gula aren. Namun ia tak ma(mp)u menolak ayahnya untuk menjodohkannya dengan seorang pria. Yang ternyata tidak disukainya. Ia pun kabur. Setelah sekian tahun ia dalam perantauan ia pun kembali ke rumahnya. Ternyata calon suaminya itu tetap setia menantinya. Ia pun luluh dengan kesetiaan sang calon suami dan rela dinikahi. Setelah menikah mereka memilik anak. Dan sang suami pun pergi merantau. Ia tak pernah lagi pulang. Sekian tahun, bertahun – tahun ia tak pulang – pulang. Dan ternyata ia telah meninggal dunia. Selain itu “Membunuh Mini”. Mini adalah sebuah pembantu di sebuah rumah seorang direktur. Direktur itu ingin membunuh Mini karena Mini telah hamil dikarenakan perbuatannya. Ia pun bekerja sama dengan supirnya dengan memberikannya upah sekian juta rupiah. Sang supir pun mengikuti tawaran sang direktur dan pergi membuang Mini di sungai. Namun sang direktur masih belum puas, hatinya masih belum tenang. Ia harus mengeluarkan sang supir. Membuatnya jauh sehingga tak ada lagi yang tahu akan perbuatannya. Ia pun meminta sang supir pergi dengan uang sekian jurah yang empat kali lebih besar. Sang supir pun menerimanya dan pergi. Setelah sang supir pergi dari rumah sang direktur, ia menuju ke sebuah hotel dan ternyata ia selama ini berbohong.
            Sebuah kumpulan cerita yang penuh dengan kisah – kisah sehari-hari dan cerita-cerita romansa yang digarap dengan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Dengan alur cerita yang menarik pembaca untuk selalu membacanya. Penulis sangat hebat menciptakan cerita yang tidak terduga, membawa kita kepadaa misteri – misteri kehidupan dari setiap ceritanya. Sangat baik memberikan kejutan – kejutan yang menjadi kekuatan dari cerita-ceritana.

Manfaat : Sebuah buku yang sangat baik dibaca dan sebagai sebuah referensi bagi teman – teman yang ingin belajar untuk menulis sebuah cerita. Karena buku ini layak menjadi sebuah pembelajaran awal sebelum meneju ke jenjang yang lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar