Sabtu, 04 Oktober 2014

Fakta dan Mitos tentang Mandi

         Mandi merupakan sebuah aktivitas yang rutin dilakukan oleh umat manusia. Tujuan utama dari mandi adalah untuk membersihkan tubuh manusia bagian luar (kulit) dari segala jenis kotoran dan kuman penyakit yang menempel pada kulit manusia. Selain itu mandi juga memiliki beberapa manfaat yang tidak kita sadari seperti :

1 1.     Memelihara Jantung
      Berendam di air hangat selama 10 menit saat mandi pagi dapat memelihara sirkulasi jantung.

   2.     Menurunkan Kadar Gula Darah
   
  Untuk penderita diabetes, dengan berendam 30 menit di dalam air hangat akan menurunkan kadar gula darah di dalam darah sebesar 13%

  3.      Eksema


     Eksema adalah peradangan kronik kulit yang kering dan gatal. Untuk penderita penyakit kulit seperti eksema, ruam, gatal-gatal dapat menambahkan baking soda ke dalam bak mandi karena berdasarkan penelitian baking soda itu bertindak sebagai antiseptik. 



       Caranya pertama-tama isi air dengan air hangat, tambahkan kira-kira satu sendok baking soda dan aduk sampai rata. Dianjurkan berendam selama 10-20 menit. 


4.      Meningkatkan Sirkulasi


        Jika anda mengalami masalah sirkulasi maka cobalah dengan mulai merendam kaki selama satu atau dua menit dalam air hangat, kemudian 30 menit dalam air dingin. Cobalah lakukan selama 15 menit kemudian diselesaikan dengan air dingin.


5.      Terapi Insomnia


      Untuk penderita insomnia atau yang memiliki masalah tidur dapat merendam kaki dalam air dingin. Masukan kaki sampai kaki merasa dingin. Pengobatan ini juga berguna bagi kaki lelah, pendarahan hidung, dan sembelit. 


Namun dibalik itu ada fakta mencengangkan yang banyak belum diketahui oleh kebanyakan orang, yaitu

1 1.     Mandi dengan Langsung Menyiram Kepala Dapat Menyebabkan Kematian

  Mandi dengan langsung menyiram kepala dapat menyebabkan kematian bagi manusia dikarenakan menyebabkan stroke atau serangan jantung yang diakibatkan oleh pecahnya pembulu darah di kepala karena terpapar suhu rendah secara mendadak. Kasus ini sering  terjadi pada kaum lansia. Namun, bila kebiasaan ini terus berlanjut maka ini akan cukup berbahaya. Dianjurkan untuk mandi tidak langsung dari kepala namun dimulai dari kaki.

   2.      Mandi di Siang Hari Tidak Sehat

  Menghilangkan gerah dengan mandi pada siang hari adalah kebiasaan yang salah. Pada siang hari tubu manusia mencapai suhu tertinggi. Pada saat itu kita akan merasa gerah dan mengambil jalan pintas dengan mandi namun itu akan merusak tubuh anda. Saat mandi kita dalam kondisi suhu tubuh yang tinggi dapat menyebabkan rusaknya sel-sel kulit kita dan akan timbul bercak –bercak putih di tubuh kita karena rusaknya sel-sel kulit karena pecah karena paparan suhu rendah yang mendadak, dan pada kasus ekstrim dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah yang dapat menyebabkan stroke dan berujung kematian. Ini semua sama dengan percobaan saat kita menuangkan air dingin pada gelas porselen/beling yang panas, maka gelas itu akan retak bahkan pecah. Apalagi pembuluh darah kita.
           
  3.      Langsung Mandi Pagi Setelah Bergadang Menyebabkan Kematian
  
  Sebenarnya kejadian ini terjadi karena berbagai penyebab yang kompleks. Namun langsung mandi pagi setelah bergadang dapat menyebabkan tingginya resiko serangan jantung dan stroke. Menurut penelitina kasus serangan jantung sering kali terjadi di sekitar jam 9 malam sampai 6 pagi. Pada saat malam hari apalagi bergadang pembuluh darah kita akan menyempit karena suhu tubuh yang menurun dan pada saat mandi tubuh kita akan menerima paparan suhu dingin secara langsung yang dapat menyebakkan makin turunnya suhu tubuh yang dapat mempersempit pembuluh darah dan menghambat oksigen ke otak.

  4.      Mandi Malam Belum Tentu Penyebab Rematik

 Mandi malam belum tentu penyebab rematik. Dikarenakan belum ada sebuha penelitina yang dapat menyatakan secara ilmiah bahwa mandi pada malam hari dapat menyebabkan penyakit rematik. Buktinya, kebanyakan orang Jepang sering mandi pada malam hari namun tidak meningkatkan jumlah penderita rematik di Jepang.

Untuk itu kita butuh mandi dengan cara yang tepat.... Agar keinginan kita untuk membersihkan diri tidak akan merusak tubuh kita... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar